Recent Articles

Jumat, 26 Agustus 2011

Kota Mode Teratas, London Kalahkan New York


Peringkat pertama 'Top Global Fashion Capital' yang sebelumnya dipegang oleh New York, pada 2011 ini direbut oleh London. Hal ini diumumkan oleh Global Language Monitor

Padahal, tahun lalu New York berhasil mengambil gelar tersebut dari Milan. Sebelumnya, New York telah menjadi kota mode teratas selama lima tahun. Sementara itu, Berlin dan Singapura untuk pertama kalinya berhasil masuk dalam daftar sepuluh kota mode teratas. Kota-kota lain yang berada dalam daftar 'Top Global Fashion Capital' antara lain Paris, Milan, Los Angeles, dan Hong Kong.

“Kami melihat efek dari bintang media, Putri Catherine (Kate Middleton) dan Alexander McQueen yang menaikkan ranking. London mendapat peringkat terhormat dalam tiga kategori. Sementara New York, Paris dan Sao Paulo mendapat satu," kata Bekka Payack, penulis mode asal Manhattan, yang juga koresponden dari Global Language Monitor, seperti dikutip dari languagemonitor.com.

Peringkat ini merupakan hasil perhitungan tekonologi Narrative Tracking dari Global Language Monitor. NarrativeTracker menganalisis internet, blog, 75 ribu media cetak dan elektronik, termasuk situs jejaring sosial seperti Twitter. Tiap kata, frase dan konsep dilacak dalam kaitannya dengan penggunaan secara kontekstual dan frekuensi munculnya di media global.

Salah satu kota di Indonesia juga masuk dalam daftar ini. Bukan Jakarta, melainkan Denpasar, Bali yang berada di peringkat 21. Daftar 'Top Global Fashion Capital' ini menampilkan 50 kota di dunia dengan pertumbuhan modal regional terkait gaya khas dan kontribusi terhadap industri fashion. Berikut daftar sepuluh kota mode teratas 2011 versi Global Language Monitor:

1. London
2. New York
3. Paris
4. Milan
5. Los Angeles
6. Hong Kong
7. Barcelona
8. Singapura
9. Tokyo
10. Berlin

0 komentar:

Posting Komentar