Recent Articles

Kamis, 25 Agustus 2011

Printer DTG


Printer DTG atau direct to garment, seperti apakah cara kerjanya? bagaimana hasilnya? bagaimana kecepatannya? berapa harganya? apakah mesin printer DTG ini akan benar-benar menggantikan dominasi sablon kaos manual? dll. Baik mari coba kita bahas sama-sama, kebetulan beberapa waktu yang lalu saya sempat diundang oleh seorang pengusaha dibidang screen printing suplies di daerah Solo untuk melihat unjuk kerja peralatan ini, yaitu printer DTG. Sebatas apa yang saya lihat dan apa yang saya coba praktekkan, ada beberapa tingkatan ukuran dan kualitas dari mesin printer kaos DTG ini.
Desain mummy adalah hasil printer DTG
 Saat saya diundang saya melihat ada 4 buah mesin DTG disana, ada yang ukuran A4, A3 dan A2 full area. Tingkatan harganya ada yang 5 juta rupiah, 15 juta rupiah, 20 juta rupiah dan 80 juta rupiah. Lalu dalam brosurnya ada lagi yang harganya 150 juta rupiah woowww mahal banget ya. Saat itu semua mesin printer DTG yang didemokan sempat dicoba dan hasilnyapun bisa saya bawa pulang. Dari mulai yang ukuran A4 sampai yang A2 namun saat itu hanya dibuat untuk ukuran A3.
untuk printer DTG yang harga 80 juta hasilnya cukup bagus, detail jelas kepegang dan soft sedangkan untuk yang harga dibawahnya ada sedikit perbedaan. Banyak hal positive disampaikan oleh teman-teman sehubungan dengan kualitas hasil dan detail atau kesesuaian dengan desain. Namun pertanyaan selanjutnya adalah tentang teknik sablon, variasi sablon, area sablon dan lain-lain yang jelas mungkin alat ini belum bisa sepenuhnya menghasilkan banyak variant dan fleksibelitas seperti halnya sablon manual.
Demikian sekilas informasi tentang printer DTG, sebuah teknologi baru yang hadir untuk meramaikan dunia sablon. Sebagai pemain didunia sablon manual saya hanya bisa berkomentar bahwa sepertinya saat ini kita belum perlu terlalu pusing memikirkan kehadiran alat ini. Beberapa hal masih belum bisa disejajarkan dengan kemampuan dibidang sablon manual. Kecepatan mungkin berimbang atau sedikit lebih cepat tetapi output untuk mesin printer DTG dikisaran harga 5 sd 20 juta masih biasa-biasa saja dan belum semaksimal hasil sablonan manual, tetapi kalau soal detail dari gambar jelas hasilnya lebih detail dan bagus dengan printer DTG.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

yang pasti ada plus minus nya ya gan...?? :)

Poskan Komentar